Apa Manfaat Pengelompokan Sampah

Apa Manfaat Pengelompokan Sampah

Apa manfaat pengelompokan sampah yang ada di dunia ini terbagi beberapa jenis. Di Indonesia sendiri ada 3 jenis yang paling umum diketahui masyarakat yaitu sampah organik, sampah anorganik dan juga sampah B3. Ketiga jenis sampah tersebut memang jelas berbeda. Makanya dalam membuang sampah pengelompokkan sampah sangat lah penting. 

Namun meskipun begitu masih banyak saja yang masih tidak memperdulikan hal ini. Mereka sudah tau bahwa sampah terbagi menjadi 3 jenis, namun masih banyak masyarakat yang membuang sampah nya tanpa pemilahan. Lebih parahnya lagi, masyarakat Indonesia yang buang sampah sembarangan pun masih sangat banyak. Maka dari itu edukasi mengenai sampah masih perlu terus dilakukan supaya semakin sedikit orang yang membuang sampah sembarangan. 

Ada 3 jenis sampah yang memang wajib kita ketahui bersama. Yaitu sampah organik yang merupakan sampah alamiah yang asal mulanya berasal dari alam. Misalnya sampah dedaunan kering yang jatuh dari pohon, sampah buah – buahan yang telah membusuk, sampah sayuran yang telah membusuk dan sampah alam lainnya. Ciri khas sampah organik adalah mudah terurai secara alami oleh mikroorganisme. 

Apa Manfaat Pengelompokan Sampah

Pengelompokan Sampah Yang Tepat

Yang kedua ada yang namanya sampah anorganik. Sampah ini merupakan sampah yang jumlahnya mungkin bisa dibilang yang paling banyak di dunia karena sampah ini merupakan sampah bekas dari buatan manusia. Sampah bekas buatan manusia ini contohnya adalah sampah plasik bekas minuman kemasan, sampah plastik bekas bungkus makanan, dan masih banyak lagi jenis sampah anorganik lainnya Jual Tempat Sampah Plastik Di Surabaya

Sampah anorganik berbeda dengan sampah orgnik dimana sampah jenis ini merupakan jenis yang sangat sulit untuk terurai. Bilapun akan terurai maka membutuhkan waktu yang sangat lama bisa sampai ratusan tahun lamanya. Makanya jenis sampah ini merupakan jenis yang paling berbahaya yang harus dilakukan pengelolaan secara khusus. Ketika sampah anorganik tidak dikelola dengan baik, maka yang terjadi adalah pencemaran. 

Selanjutnya adalah sampah B3. Sampah yang paling berbahaya dibanding dengan kedua sampah diatas. Ya jenis sampah ini merupakan jenis sampah yang butuh penanganan lebih khusus karena bila terbuang begitu saja ke lingkungan, maka akan merusak lingkungan dengan cepat.  Beberapa contoh sampah B3 adalah seperti misalnya sampah batu baterai, sampah bekas cat, sampah bekas yang oli, dll Intip Yuk Perbedaan Sampah Organik Dan Anorganik

Sampah B3 paling banyak dihasilkan oleh industri. Nah makanya ketika ada industi yang membuang limbah ke sungai atau ke lingkungan tanpa adanya proses filterisasi maka yang terjadi adalah kerusakan lingkungan. Oleh karena itu penanganan masalah sampah B3 memang tidak bisa sembarangan dan harus serius. 

Oleh karena itu pemilahan sampah memang perlu dilakukan. Kita tidak hanya cukup untuk membuang sampah pada tempatnya saja. Tapi juga perlu membuang sampah pada tempatnya dan sesuai dengan jenisnya. 

Memisahkan Sampah Adalah Jawaban Terbaik Untuk Daur Ulang

Sampah yang dibuang sesuai dengan jenisnya akan mempermudah untuk proses daur ulang. Dengan begitu, sampah yang didaur ulang  akan membuat sampah menjadi bisa dimanfaatkan kembali. Ketika sampah sudah bisa dimanfaatkan kembali memang akan membuat siklus sampah menjadi lebih baik. Pertumbuhan sampah sebanyak apapun akan tidak membuat terjadi apapun karena adanya daur ulang sampah. 

Maka dari itu, ayo biasanya membuang sampah pada tempatnya dan sesuai dengan jenis sampahnya. Pastikan tidak membuang sampah sembarangan dan pastikan juga kita bisa mengedukasi masyarakat banyak mengenai hal ini supaya semakin banyak yang sadar akan kebersihan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat