Cara Membuat Kerajinan Tempat Sampah Dari Kardus

Cara Membuat Kerajinan Tempat Sampah Dari Kardus

Cara membuat kerajinan tempat sampah dari kardus salah satu cara mendaur ulang sampah yang bisa kita lakukan dengan mudah adalah dengan memanfaatkan kardus bekas untuk dijadikan tempat sampah. Yap membuat berbagai benda dari bahan kardus memang sangat lah mudah. Salah satu yang mudah adalah membuat tempat sampah kardus. Memanfaatkan sampah kardus untuk dijadikan benda daur ulang memang adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat. Meskipun terlihatnya hanya sepele tapi memang manfaatnya sangatlah besar.

Kegiatan mendaur ulang sampah merupakan salah satu kegiatan yang  bisa membuat sampah yang tadinya sudah tidak terpakai menjadi bisa berfungsi kembali. Mendaur ulang sampah seperti ini membuat sampah malah memberikan dampak positif bukan lagi negatif. Daur ulang sampah juga apabila memang diseriusi bisa menjadi ladang tambahan untuk mendapatkan penghasilan. Di beberapa daerah sudah ada beberapa yang menerapkan daur ulang. Nyatanya memang daur ulang sampah seperti itu bisa melibatkan banyak masyarakat. Pada akhirnya, ekonomi masyarakat bisa menjadi lebih meningkat dengan adanya kegiatan daur ulang sampah ini. 

Nah mendaur ulang sampah juga banyak caranya. Salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah seperti judul diatas yaitu dengan mendaur ulang kardus bekas untuk dibuat menjadi tempat sampah.

 

Kerajinan Tempat Sampah Dari Kardus Bekas Sangat Unik

Cara membuatnya tentulah sangat mudah, berikut ini adalah contoh sederhana untuk membuat tempat sampah dari bahan kardus Tong Sampah Medis Dan Non Medis

  1. Siapkan bahan dan alat terlebih dahulu
  2. Kita buatkan pola pada kardus tersebut menggunakan pensil atau spidol
  3. Pertama kita buatkan pola dengan 2 bentuk persegi dan juga 2 bentuk yang gabungan antara persegi dan juga segitiga.
  4. Selanjutnya kita potong pola yang sudah kita buat tadi. 
  5. Setelah dipotong kita gabungkan pola – pola yang tadi menggunakan lem atau bisa juga menggunakan solasi. 
  6. Untuk memberi warna, kita bisa menggunakan kertas karton untuk kemudian kita tempelkan pada setiap potongan yang kita tempelkan tadi. Tempelkan karton warna tadi pada bagian dalam dan bagian luar pola kardus yang kita buat tadi. 
  7. Untuk membuat bagian bawah nya, kita ukur panjang dan lebar potongan kardus yang sudah di tempel tadi. 
  8. Seperti biasa kita buatkan pola sesuai dengan ukuran. 
  9. Potong kardus sesuai pola yang sudah dibuat
  10. Tempelkan lah kertas karton warna pada pola yang baru saja kita potong untuk bagian alas. 
  11. Setelah selesai, kita gabungkan pola tadi menggunakan lem atau solasi. 
  12. Untuk bagian penyangga tutup tempat sampahnya kita bisa menggunakan pipa aluminium yang kecil atau juga bisa menggunakan sumpit kayu.
  13. Setelah itu, kita buat pola lagi yang ukurannya sesuai dengan pipa alumunium atau sumpit kayu tersebut. Dan setelah itu potong sesuai dengan polanya.
  14. Lipatkan sesuai bentuk sumpit atau pipa menggunakan lem solasi untuk kemudian dijadikan penyangga tutup tempat sampah. 
  15. Tempat sampah dari kardus pun jadi. 

Kita masih bisa memberikan hiasan seperti pernak – pernik seperti renda atau gliter atau bisa juga bisa menghiasi menggunakan lukisan pada bodi tempat sampahnya. 

Cara Membuat Kerajinan Tempat Sampah Dari Kardus

Nah itu adalah salah satu cara untuk membuat yang namanya tempat sampah dari bahan kardus bekas. Jika memang kreatifitas kerajinan tangan tersebut bagus dan orang lain pun menilai bagus, biasanya lebih berpeluang untuk kita jadikan usaha. Nantinya bisa kita jual dan kita bisa membuat jenis kreatifitas daur ulang model lainya untuk kita jadikan usaha. 

Dengan begitu, keberadaan sampah yang tadinya dicuekin akan menjadi dibutuhkan karena sampah malah menjadi bahan untuk daur ulang. Dengan begini, sebanyak apapun pertambahan sampah sudah pasti tidak akan memberikan dampak negatif yang terlalu besar Pertumbuhan Sampah Yang Sangat Banyak di Indonesia .

Selain mendaur ulang, hal yang perlu diperbaiki oleh masyarakat kita adalah kebiasaan membuang sampah. Ya, masih banyak tetangga, rekan, atau bahkan mungkin keluarga kita yang masih sering membuang sampah sembarangan sehingga memang perlu diubah kebiasaan seperti itu. 

Kita semua harus mulai membiasakan diri untuk tertib buang sampah minimal membuang sampah pada tempat sampah tidak pada tempat yang sembarangan. Setelah kita sudah membiasakan membuang sampah pada tempatnya, tentu tidak cukup sampai disitu saja. Kita juga harus membiasakan untuk membuang sampah sesuai jenisnya. 

Membuang Sampah Pada Tempatnya Untuk Kebersihan

Saat ini kebanyakan orang memang menganggap 1 tong sampah untuk semua jenis sampah. Padahal tidak seperti itu harusnya. Ketika semua jenis sampah menyatu maka kemungkinan kualitas sampah menjadi rusak dan susah untuk didaur ulang. Makanya, sampah memang perlu dipisahkan sesuai dengan jenisnya.

Buanglah sampah organik pada tong sampah yang bertuliskan organik, buanglah sampah nonorganik pada tong sampah yang bertuliskan non organik dan seterusnya. Nah makanya, hal ini juga susah untuk dilaksanakan apabila fasilitas seperti tong sampah tidak memadai. Makanya disini menjadi tugas pemerintah dan pemangku kebijakan untuk bisa menyediakan tempat sampah di banyak tempat supaya mempermudah orang untuk membuang sampah ke tempatnya. 

Yang terjadi saat ini memang masih sangat jauh dari harapan diatas namun bukan berarti tidak bisa. Saat ini memang masih banyak yang perlu diperbaiki mulai dari kebiasaan hingga fasilitas kebersihan yang perlu ditambah Pendaki Membuang Sampah Plastik Di Hutan

Untuk info saja, bahwa saat ini negara kita Indonesia adalah salah satu negara yang paling banyak memproduksi yang namanya sampah plastik. Ya sampah plastik ini banyak didapati hasil dari bekas konsumsi masyarakat. Apalagi kini ditambah adanya makanan fast food yang bisa dipesan secara online, membuat plastik lebih banyak digunakan. 

Sedikit mengingatkan untuk kita semua yang membaca artikel ini, bahwa plastik adalah salah satu bahan yang sangat sulit terurai secara alami oleh mikroorganisme. Jadi ketika kita membuang sampah ke tanah, dan sampah plastik itu tertimbun tanah bahkan sampah ratusan tahun pun tidak akan hancur dan tetap akan utuh. Nah selama itu pula sampah ini akan mencemari tanahnya. 

Saat ini, setiap minimarket memang sudah dilarang untuk tidak mengeluarkan sampah kantong kresek. Hal ini memang bertujuan untuk menekan angka pertumbuhan sampah plastik yang semakin banyak. Nah kita juga tentu bisa mengupayakan untuk mengurangi sampah plastik. 

Kita bisa memulai dengan membiasakan menggunakan botol minum yang bisa digunakan berkali – kali. Bisa juga kita menggunakan tempat makan yang digunakan berkali – kali. Meskipun sepele, hal ini bisa turut membantu mengurangi untuk menurunkan angka sampah botol minum sekali pakai. 

Nah setelah itu, kita bisa memanfaatkan botol – botol plastik tadi juga untuk kita daur ulang. Siklus sampah seperti ini memang akan membuat sampah menjadi terkontrol dengan baik. Dengan begitu tidak akan ada lagi yang namanya dampak negatif dari sampah seperti pencemaran dan juga bencana. 

Maka dari itu, ayo kita daur ulang sampah yang ada dirumah kita. Pastikan sampah kita sudah terkelola dengan baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat