Cara Pengelolaan Sampah Yang Efektif

Cara Pengelolaan Sampah Yang Efektif

Yang namanya sampah memang harus dilakukan pengelolaan dengan baik dan juga benar. Sampai saat ini saja isu lingkungan akibat sampah memang masih saja banyak terjadi. Sudah tentu lingkungan yang kotor merupakan salah satu isu hangat yang sampai saat ini pun belum bisa diatasi dengan baik.

Terjadinya isu lingkungan karena sampah yang secara terus menerus merupakan salah satu dampak dari perlakuan masyarakat kita yang sampai saat ini masih ada saja yang membuang sampah sembarangan. Tentu apabila masyarakat tidak ada yang buang sampah sembarangan, maka tidak akan ada yang namanya sampah berserakan di lingkungan di tempat yang bukan seharusnya.

Ketika banyak sampah berserakan di tempat yang bukan seharusnya seperti halnya di taman, di sungai, di jalanan, di lingkungan perumahan, di pasar, bahkan di laut. Maka sudah pasti akan terjadi yang namanya pencemaran tanah, air, bahkan hingga pencemaran udara.

Cara Pengelolaan Sampah Yang Efektif

Pengelolaan Sampah Yang Paling Efektif

Nah tentu yang namanya pencemaran ini bukanlah sesuatu yang baik bagi kita. Kita pun ujung – ujungnya akan merasakan bagaimana tidak enaknya terpapar oleh pencemaran. Yang jelas sumber penyakit akan lebih mudah hidup di tempat yang tercemar. Atau bencana alam pun juga lebih rentan terjadi di tempat yang tidak terawat apalagi sudah sampai tercemar Jual Tempat Sampah Plastik Di Surabaya .

Oleh karena itu, kita memang harus melakukan sebuah upaya bagaimana supaya pencemaran akibat sampah ini tidak terjadi. Kita bisa melakukan yang namanya pengelolaan sampah yang paling efektif agar sampah tidak lagi mencemari lingkungan.

Salah satu cara yang paling efektif yang bisa kita lakukan pertama adalah kita harus bisa mengontrol sampah kita sendiri di rumah. Karena rumah tangga adalah salah satu tempat yang menghasilkan sampah paling banyak setiap harinya. Di rumah kita memang harus bisa mengontrol keluar masuknya sampah secara tertib.

Kita harus memastikan di rumah kita memiliki 3 jenis tong sampah yang memang diperuntukkan untuk menampung 3 jenis sampah yaitu sampah organik, anorganik, dan juga B3. Untuk sampah organik yang ada di rumah contoh nya adalah bekas kulit buah, bekas potongan sayuran, bekas dedauan kering yang jatuh, bekas batang tanaman, dll. Untuk jenis sampah nonorganik yaitu sampah seperti bekas kemasan makanan, bisa juga botol plastik, bisa juga bekas botol minuman plastik, atau bisa juga bekas potongan kertas, dll. Nah untuk sampah B3 yang ada di rumah biasanya adalah kaleng cat, kelang bekas oli, batu baterai, dll.

Nah sampah – sampah yang ada di rumah ini tentunya memang sangat banyak mengakibatkan yang namanya pencemaran apabila tidak diatur dengan baik. Sampai saat ini saja, masih sangat banyak sampah yang berserakan dimana – mana. Bahkan masih ada saja orang yang sengaja membawa sampah dari rumah dan malah membuangnya ke jalanan.

Menjaga Lingkungan Dari Sampah

Bayangkan saja apabila ada 10 orang yang melakukan hal tersebut setiap harinya, lama kelamaan lingkungan tempat mu tinggal juga akan kena dampak pencemaran. Oleh karena itu edukasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan, edukasi cara mengatur sampah memang perlu terus di suarakan supaya masyarakat semakin kesini semakin teredukasi Dampak Negatif Sampah Anorganik .

Rata – rata masyarakat yang membuang sampah sembarangan memang tidak mengetahui betapa bahayanya sampah ketika dibuang secara sembarangan. Ayo mulai dari sekarang mulai lah tertib buang sampah. Jangan lupa juga ajak yang lain supaya ikut tertib buang sempah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat