Dampak Positif Penggunaan Plastik Yang Harus Kamu Tau

Dampak Positif Penggunaan Plastik Yang Harus Kamu Tau

Penggunaan plastik saat ini bisa dibilang sangatlah banyak sekali. Hampir setiap kebutuhan manusia masa kini kebanyakan menggunakan plastik. Meskipun nyatanya plastik sangat berbahaya ketika ia sudah menjadi sampah dan tidak terkelola, nyatanya memang bahan plastik masih sangat diperlukan saat ini.

Material plastik merupakan material yang sangat cocok untuk digunakan untuk berbagai keperluan. Materialnya yang tahan air, ringan, bisa dibentuk dengan mudah, ada juga yang keras, membuat plastik ini cocok dipakai berbagai keperluan baik untuk industri atau untuk kebutuhan masyarakat sehari – hari.

Bahaya Penggunaan Plastik Untuk Lingkungan

Kita tidak akan benar – benar bisa menghilangkan yang namanya sampah meskipun kini banyak sampah plastik yang membuat pencemaran lingkungan. Pencemaran yang diakibatkan oleh sampah plastik memang jelas sangat berbahaya sekali. Kerusakan pada tanah misalnya yang akan membuat kesuburan tanah menjadi rusak dan turun. Pencemaran pada air tentu membuat kerusakan air misalnya air sungai yang menjadi tercemar oleh banyak zat kimia yang membuat hewan dan ekosistem yang ada di dalamnya. Selain air sungai, air laut juga banyak yang terkena dampak dari sampah plastik.

Dampak Positif Penggunaan Plastik Yang Harus Kamu Tau

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, negara kita merupakan salah satu negara yang paling banyak membuang sampah ke lautan. Itu artinya, di laut kita banyak terdapat sampah plastik yang mengambang. Tentu ini merugikan tiap makhluk hidup yang hidup didalamnya. Seharusnya hal ini tidak terjadi dan seharusnya memang tidak ada cerita sampah plastik masuk ke lautan.

Selain pencemaran pada air, tempat sampah fiber pencemaran pada udara pun bisa terjadi karena sampah. Tidak jarang banyak orang yang membakar sampah baik itu dalam jumlah yang besar atau dalam jumlah yang sedikit yang pasti memang udara akan ikut tercemar ketika terjadi pembakaran sampah.

Daur Ulang Sampah Plastik Bekas

Berkawan dengan plastik tentu memang harus kita lakukan. Jangan sampai kita hanya mengambil manfaatnya saja tanpa memikirkan setelah plastik tersebut menjadi sampah. Ketika sudah menjadi sampah, sampah plastik sebetulnya masih bisa dimanfaatkan kembali untuk didaur ulang.

Daur ulang sampah bisa dilakukan sesuai dengan kreativitas kita. Kita bisa membuat banyak sekali benda seperti pot bunga dari botol plastik, bisa membuat tempat alat tulis dari botol plastik, atau anyaman dari kemasan plastik, dan lain sebagainya.

Sampai saat ini saja sampah plastik masih banyak yang belum terkelola. Makanya budaya daur ulang memang harus terus ditingkatkan supaya sampah plastik tidak banyak yang terbuang begitu saja. Semakin banyak sampah yang bisa dikelola dengan baik, maka semakin bisa diminimalisir yang namanya pencemaran lingkungan.

Sebagai hal yang perlu kamu ketahui juga bahwa sampah plastik tidak bisa diurai oleh mikroorganisme secara alami hanya dalam jangka waktu 1 – 2 tahun saja. Butuh waktu yang sangat lama sampai sampah plastik bisa terurai secara alami. Menurut penelitian yang ada mengatakan bahwa sampah plastik yang ada di alam dan tidak terkelola oleh manusia maka baru bisa terurai selama puluhan hingga ratusan tahun. Dan selama ini itu juga sampah plastik ini akan meracuni lingkungan.

Oleh karena itu sebelum semua itu terjadi dan memperparah, sebaiknya meman tata pengelolaan sampah harus diperbaiki. Jangan sampai tata kelola sampah amburadul dan akibatnya banyak sampah plastik yang mengakibatkan kerusakan.

Ayo mulai dari sekarang mulai kita harus mulai tertib buang sampah plastiknya dan cobalah untuk memanfaatkan sampah plastik untuk didaur ulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat