Dampak Sampah Plastik Bagi Manusia

Dampak Sampah Plastik Bagi Manusia

Saat ini yang namanya sampah jumlahnya sangat banyak sekali. Hal ini bisa terlihat dari pertumbuhan sampah plastik sepanjang tahun 2019 sebanyak 67 juta ton. Tentu jumlah tersebut adalah jumlah tertinggi untuk tahun – tahun sekarang. Jumlah tersebut masih berpotensi akan terus bertambah sampai tahun – tahun kedepan.

Pertumbuhan sampah plastik saat ini memang terus akan bertambah mengingat sampah plastik memang banyak tumbuh dari hasil konsumsi manusia. Biasanya yang paling cepat adalah sampah plastik yang sekali pakai misalnya seperti bekas plastik minuman kemasan, bekas kemasan makanan ringan, bekas makanan fast food, dan masih banyak lagi. Kebutuhan sembako pun kebanyakan menggunakan plastik sekali pakai.

Dampak Sampah Plastik Bagi Manusia

Dengan begitu maka jelas sekali bahwa yang namanya sampah plastik akan lebih mudah untuk terus bertambah setiap harinya karena kebanyakan berasal dari sisa kebutuhan pokok manusia. Yang menjadi masalah utama selain karena pertumbuhan sampahnya, juga memang karena pengelolaan sampah di Indonesia belum sebagus di negara maju lainnya. Di Indonesia masih banyak sampah yang dibiarkan begitu saja tanpa terkelola dengan baik dan benar. Lihat saja, di tempat umum pun masih banyak sampah yang kita jumpai.

Sampah Membuat Lingkungan Rusak

Berbeda dengan negara maju didunia dimana mereka pun sama halnya mengalami pertumbuhan sampah yang sangat signifikan. Namun mereka bisa mengatasinya dengan benar dan baik sehingga mereka tidak terlalu begitu terkena dampaknya tempat sampah fiber . Contoh saja di negara Jerman yang mereka pun jumlah pertumbuhan sampah plastiknya sangat banyak. Namun karena peraturan yang sangat ketat dan juga kedisiplinan masyarakatnya yang juga bagus dalam membuang sampah membuat sampah di Negara Jerman bisa dikelola dengan baik.

Sampah plastik memang sudah seharusnya tidak boleh dibiarkan begitu saja. Terlalu banyak dampak negatif yang bisa timbul apabila sampah plastik dibiarkan begitu saja. Misalnya akan menimbulkan ketidaknyamanan di lingkungan karena bau yang timbul. Selain itu, lama kelamaan karena sampah yang lembab akan mempermudah masyarakat di sekitarnya terkena penyakit dan yang pasti dalam jangka waktu yang lama pencemaran akan terjadi. Mulai dari tanah, air, bahkan hingga udara pun akan ikut tercemar.

Partikel yang ada pada plastik adalah salah satu yang sangat sulit untuk dipercahkan oleh mikroorganisme. Jadi meskipun sampah plastik itu mengendap di tanah, atau terbawa arus air sampai bertahun – tahun lamanya, sampah plastik itu tidak akan pernah hancur dan selama itu juga zat kimia yang ada pada plastik akan mencemari.
Fakta yang paling mencengangkan dari sampah plastik adalah nyatanya sampah plastik banyak membuat kerusakan juga dilautan. Banyak sampah plastik yang mengalir hingga ke laut dan membuat biota disana terganggu dan banyak yang rusak.

Sampah Buatan Manusia

Beberapa laporan dari para penyelam yang pernah melakukan ekspedisi telah menemukan banyak sekali sampah yang mengambang di laut. Banyak hewan seperti penyu, burung camar, paus, dan banyak hewan laut lainnya yang terjerat oleh sampah plastik. Banyak juga hewan laut yang memakan sampah tersebut karena tidak bisa membedekan mana makanan mana sampah. Yang jelas, sampah plastik yang dibuang secara sembarang apalagi sampai tidak dikelola kembali akan mengakibatkan banyak kerusakan.

Makanya, ayo pastikan kita membuang sampah pada tempatnya dan pastikan tidak ada sampah plastik yang berserakan di lingkungan kita. Jangan lupa kita ajak sanak saudara dan kerabat supaya juga mau tertib buang sampahn pada tempatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat