Dampak Sampah Plastik Di Laut Dan Kehidupannya

Dampak Sampah Plastik Di Laut Dan Kehidupannya

Salah satu tempat yang paling banyak terdapat sampah saat ini adalah laut. Kenapa bisa laut ? Ya sampah plastik bisa sampai ke laut karena memang banyak oknum masyarakat yang buang sampah sembarangan ke sungai. Kita tau sendiri bahwa aliran sungai akan berakhir di lautan. Nah ketika kita banyak yang membuang sampah ke sungai, maka sudah pasti sampah akan berujung sampai ke laut.

Dan nyatanya benar saja, menurut data statistik yang ada, Indonesia masuk sebagai negara kedua terbanyak yang membuang sampah ke lautan. Jelas ini bukan kabar baik dan tidak patut untuk di bangga kan. Perlu adanya upaya dan juga usaha supaya hal ini bisa segera diatasi. Karena apabila dibiarkan maka akan menyebabkan dampak yang akan lebih besar lagi.

Dampak Sampah Plastik Di Laut Dan Kehidupannya

Dampak Sampah di Laut Dan Kehidupan Laut

Saat ini, sudah pasti akan banyak ekosistem laut yang terganggu bahkan juga rusak. Mulai dari biota hingga terumbu karangnya akan rusak apabila di selimuti oleh banyaknya sampah. Beberapa dokumentasi oleh para mereka yang pernah melakukan ekspedisi ke lautan menunjukan banyak hewan yang terjerat oleh sampah plastik dan mereka tidak bisa melepaskan dirinya dari jeratan tersebut.

Ini pasti sungguh menyiksa untuk para hewan di laut. Tidak hanya itu, banyak juga hewan laut yang tidak sengaja memakan sampah yang mengambang karena mereka pikir itu adalah makanan dan ternyata adalah sampah.
Akibatnya jika hewan itu tidak mati, maka akan berlanjut sampai ke manusia.

Bagaimana bisa berlanjut ? Ketika ikan laut yang memakan sampah tersebut di pancing oleh nelayan, dan akhirnya berujung sampai dikonsumsi oleh manusia, maka partikel kecil yang terdapat pada sampah yang termakan ikan tersebut akan ikut masuk kedalam tubuh manusia. Ketika sudah masuk kedalam tubuh manusia, maka jelas yang akan terjadi akan mengakibatkan yang namanya penyakit. Tak heran penyakit seperti kanker, tumor, dan juga berbagai penyakit dalam lainnya mudah menyerang manusia.

Memang setiap tindakan apapun yang kita perbuat akan berdampak kembali baik secara langsung maupun tidak langsung. Maka alangkah baiknya mulai dari sekarang kita harus aware dan juga peduli terhadap sampah. Tugas kita sangat mudah, kita hanya perlu dalam membuang sampah pada tempatnya.

Selama ini kenapa sampah plastik bisa membuat banyak pencemaran tempat sampah fiber . Karena memang banyak yang membuangnya secara sembarangan. Andaikan semua orang tidak ada yang mau buang sampah sembarangan, bisa dipastikan tidak akan pernah ada yang namanya isu lingkungan pencemaran lingkungan akibat dari sampah plastik.

Kita bisa memulai dari rumah terlebih dahulu. Dimana rumah merupakan salah satu yang paling banyak menghasilkan sampah. Pastikan sampah rumah tangga yang ada dirumah bisa buang secara tertib. Sampah nya kita pisahkan sesuai dengan jenisnya. Jangan sampai mencampur sampah nya.

Merusak Laut Sampah Plastik

Dengan kita memisahkan sampah nya, maka akan mempermudah untuk proses pemilahan nantinya untuk proses daur ulang. Apabila pemilahan sampah dijalankan dengan lancar, daur ulang pun dijalankan dengan lancar. Bisa dipastikan sebanyak apapun pertumbuhan sampah plastik yang ada tidak akan berpengaruh apa – apa, karena siklus keluar masuk sampahnya sudah sangat bagus.

Makanya, mulai dari sekarang, ayo kita bersama – sama mulai tumbuhkan kesadaran peduli lingkungan minimal tidak membuang sampah sembarangan apalagi sampai buang sampah ke sungai. Kita jaga lingkungan kita, maka kita harap tidak akan terjadi yang namanya pencemaran apalagi sampai pencemaran di laut

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat