Dampak Sampah Plastik Menurut Para Ahli

Dampak Sampah Plastik Menurut Para Ahli

Pertumbuhan sampah plastik saat ini memang dirasa sangatlah banyak dan meningkat. Hingga saat ini saja, sampah plastik masih banyak yang berserakan dilingkungan dan tidak terkontrol dengan baik. Selain memang masih belum bisa dikontrol dengan baik, masih banyaknya orang yang membuang sampah sembarangan membuat sampah plastik. Akibatnya memang akan terasa bagaimana sampah plastik nyatanya telah banyak membuat kerusakan dan pencemaran pada lingkungan.

Dampak sampah plastik terhadap lingkungan jelas sangat banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa dampaknya menurut para ahli :

  • Tercemarnya air tanah dan makhluk bawah tanah dan juga tanah itu sendiri.
  • Matinya Mikroorgainsme dan hewan pengurai karena partikel beracun dari plastik yang masuk ke tanah
  • Akan menghambat jalur air masuk oleh sampah kantong plastik yang tertimbun tanah
  • Bisa menjerat hewan – hewan yang terkena sampah plastik.
  • Bisa mencemari lautan
  • Membuat ekosistem hewan dan tumbuhan menjadi rusak
  • Membuat biota laut menjadi rusak
  • Bisa menyebabkan bencana banjir
  • Bisa mendatangkan wabah penyakit
  • Sampah plastik tidak bisa terurai secara alami dalam jangka waktu ratusan tahun
Dampak Sampah Plastik Menurut Para Ahli
Dampak Sampah Plastik Menurut Para Ahli

Sampah Plastik Terhadap Lingkungan

Itu adalah beberapa dampak akibat dari sampah plastik yang belum bisa dikelola dengan baik. Tentu kebanyakan akibatnya adalah berbentuk kerusakan dan banyak dampak negatif lainnya. Hal ini tentu haruslah segera diatasi supaya tidak menjadi semakin besar.

Untuk mengelola sampah dengan cara yang benar, jangan langsung mengandalkan petugas kebersihan dari dinas kebersihan saja. Masyarakat pun harus turut andil dalam hal pengelolaan sampah. Harus mulai tertib minimal dari cara mengelola sampah yang ada di rumah. Kita harus dapat memastikan bahwa sampah di rumah kita tertata pengelolaannya.

Minimal harus ada 3 tong sampah di rumah tempat sampah fiber yang siap menampung sampah organik, anorganik dan juga B3. Adanya ketiga tong sampah tersebut adalah upaya untuk memisahkan 3 jenis sampah yang mana memang sebetulnya tidak boleh disatukan. Karena apabila disatukan, maka kemungkinan sampah tidak bisa didaur ulang kembali akan lebih besar.

Kebiasaan membuang sampah pun harus diperbaiki. Biasanya masyarakat kita masih sangat banyak yang seenaknya membuang sampah ke jalana atau ketempat umum lainnya. Ini yang selama ini mengakibatkan banyak sampah tidak terkontrol. Banyak sampah yang pada akhirnya menyumbat saluran air atau juga sungai. Akibatnya terjadilah banjir dan ibukota Jakarta pernah mengalami hal demikian.

Tidak cukup sampai disitu saja. Karena masih sangat banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, akibatnya banyak sampah yang berujung sampai ke laut. Buktinya kini Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara yang paling banyak membuang sampah plastik ke lautan.

Bahaya Sampah Plastik Sangatlah Nyata

Padahal sudah jelas kita ketahui bersama bahwa bahaya sampah plastik sangatlah nyata. Tidak hanya berbahaya bagi lingkungan dan manusia saja. Bagi hewan dan tumbuhan pun jelas pasti akan berbahaya dan berdampak. Ekosistem mereka bisa terganggu. Kesehatan mereka pun bisa terganggu juga. Akibatnya hewan dan tumbuhan banyak juga yang mati sia – sia hanya karena sampah.

Oleh karena itu, mari kita mulai perbaiki secara perlahan tata cara penegelolaan sampah yang baik dan benar. Kita harus bisa memastikan bahwa di lingkungan kita tidak terjadi yang namanya pencemaran dan juga kerusakan hanya diakibatkan oleh sampah plastik karena kecerobohan manusia.  Semoga kedepannya isu pencemaran lingkungan karena sampah tidak ada lagi ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat