Fungsi Tempat Sampah Organik Dan Anorganik

Fungsi Tempat Sampah Organik Dan Anorganik

Fungsi tempat sampah organik dan anorganik perlu di ketahui dunia ini yang namanya sampah sudah pasti sangat banyak sekali Di Indonesia paling banyak ada 5 jenis sampah yang dikategorikan. Namun yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia adalah 3 jenis sampah yaitu sampah organik, anorganik dan juga B3.

Ketiga sampah tersebut tentunya sudah mewakili dari banyak nya jenis sampah yang sebenarnya ada. 3 jenis sampah yang berbeda ini tentunya tidak boleh disatukan dalam 1 wadah tong sampah. Mengapa ? karena apabila disatukan dalam 1 tempat semua jenis sampah maka berpotensi merusak kualitas sampah tersebut sehingga kemungkinan besar tidak akan bisa didaur ulang.

Berbeda ketika sampah sudah dilakukan pemilahan maka akan lebih mudah untuk di daur ulang. Misalnya sampah organik apabila dikumpulkan dalam jumlah yang banyak maka bisa didaur ulang untuk dijadikan pupuk kompos. Nah pupuk kompos sendiri bisa digunakan untuk keperluan pertanian dan perkebunan di mana bisa membuat tanah semakin subur dan semakin sehat. Pupuk organik bisa dibuat dari sampah bekas dedaunan kering atau juga bekas dari kotoran hewan.

Fungsi Tempat Sampah Organik Dan Anorganik

Daur Ulang Sampah Anorganik

Untuk sampah anorganik tentu kita semua pasti sudah mengetahuinya. Sampah anorganik jangan sampai disatukan dengan sampah organik atau juga dengan sampah B3. Karena sampah anorganik ini bisa didaur ulang menjadi berbagai berbagai produk misalnya dibuat menjadi produk kerajinan tangan, bisa juga dibuat menjadi pot bunga atau pas bunga, dan masih banyak lagi. Mendaur ulang sampah anorganik memang sangat berpotensi untuk bisa dijual karena sudah banyak yang melakukannya Kreasi Tempat Sampah Semakin Maju Dan Cantik .

Untuk sampah B3 berbeda dengan kedua jenis sampah sebelumnya karena tidak bisa dikelola sembarangan. Kebanyakan sampah ini banyak mengandung yang namanya bahan berbahaya. Maka dari itu lebih baik sampah jenis ini dikelola oleh ahlinya saja atau oleh lembaga atau industri yang khusus mengelola jenis sampah ini.
Nah maka dari itu penting bagi kita untuk memiliki 3 jenis tempat sampah di rumah yaitu jenis tempat sampah khusus untuk sampah organik, khusus untuk sampah anorganik dan juga tempat sampah khusus untuk sampah B3 Permasalahan Sampah Yang Tiada Habisnya .

DI negara – negara maju seperti Jerman misalnya, pemilahan sampah justru sudah diwajibkan pada masyarakatnya. Masyarakat di negara Jerman wajib sudah memisahkan jenis – jenis sampah saat membuang sampahnya. Apabila ketika buang sampah tidak dilakukan pemilahan sampah, maka sudah pasti tidak akan diangkut oleh petugas kebersihan dan bahkan nanti malah akan ada sanksi yang siap menanti.

Pemilahan Sampah Sangat di Perlukan

Pemilahan sampah memang wajib dilakukan karena bila tidak, maka pengelolaan sampah di TPA akan lebih menyakitkan apabila semua jenis sampah bercampur. Oleh karena itu, di tempat manapun khususnya di tempat umum yang memang banyak sekali orang yang berpotensi membuang sampah diperlukan tong sampah dengan 3 jenis tong sampah yang berbeda.

Apabila hal ini sudah dilakukan maka pasti pengelolaan sampah menjadi lebih mudah kontak kami . Jika sudah begitu tidak akan ada lagi cerita sampah yang tidak terkelola dengan baik. Maka endingnya pencemaran lingkungan akan semakin berkurang dan bisa diminimalisir sehingga lingkungan menjadi lebih sehat dan juga terjaga.

Ayo mulai dari sekarang pastikan kita memilah sampah dengan benar. Biasanya membuang sampah ke tong sampah yang sesuai dengan jenis sampahnya. Jika bisa pastikan juga di rumah kita memiliki 3 jenis tempat sampah yang berfungsi menampung sampah yang berbeda – beda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat