Intip Yuk Perbedaan Sampah Organik Dan Anorganik

Intip Yuk Perbedaan Sampah Organik Dan Anorganik

Jenis sampah yang ada di dunia ini memang lumayan banyak pembagiannya. Namun yang paling umum dan paling banyak di ketahui oleh orang adalah sampah organik dan juga sampah anorganik. Kedua jenis sampah ini memang sudah pasti adalah jenis sampah yang sehari – hari pasti kita temui. Sampah organik dan juga anorganik memang pasti ada di semua tempat. Dan sejak sekolah pun kita pasti sudah diajari soal ini.

Untuk sampah organik adalah salah satu sampah yang jumlahnya sangat banyak. Sampah organik adalah sampah yang asal mulanya dari alam dan bukan buatan manusia atau istilahnya adalah sampah yang alamiah. Contoh sampah organik adalah misalnya sampah bekas dedaunan kering, ada juga sampah organik bekas buah – buahan yang membusuk, atau bekas potongan sayuran, dll.

Perbedaan Sampah Organik Dan Anorganik

Mengetahui Jenis Sampah Dan Bahayanya

Sampah organik merupakan sampah yang bisa terurai dengan cepat. Sampah organik tidak akan mengeluarkan zat sebahaya sampah anorganik. Mungkin hanya baunya saja yang akan mengganggu apabila sampah organik tidak terkelola. Sampah organik juga sangat bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk. Pupuk kompos sangatlah banyak dibutuhkan oleh petani kebun atau petani tanaman untuk membuat tanah semakin subur. Selain subur, tanaman juga menjadi lebih sehat karena bisa mendapatkan zat baik dari pupuk kompos tersebut. Makanya, sampah organik tentu bukan berarti dibuang begitu saja karena masih bisa dimanfaatkan kembali.

Selanjutnya adalah sampah anorganik yang merupakan sampah yang mungkin jumlah nya adalah yang paling banyak di dunia. Sampah organik jelas adalah sampah yang mana asal sampah tersebut adalah buatan manusia. Sampah organik identik sekali dengan sampah plastik karena memang kebanyakan sampah organik hampir 80% itu berbahan plastik. Misalnya adalah sampah bekas kemasan makanan, sampah bekas botol minuman, sampah bekas packaging suatu produk, dan lain sebagainya.

Sampah anorganik merupakan sampah yang bisa sangat berbahaya apabila banyak berserakan di alam atau di lingkungan. Sampah ini berbahaya karena kandungan zat yang ada pada plastik tersebut. Sampah anorganik juga merupakan sampah yang sulit sekali terurai secara alami berbeda dengan sampah organik yang mudah terurai secara alami. Saking sulitnya, sampah anorganik mungkin baru bisa hancur atau terurai secara alami dalam waktu ratusan tahun lamanya. Hal ini terjadi karena mikroorganisme tidak mampu untuk menghancurkan partikel yang ada pada plastik yang sangat padat.

Sampah anorganik merupakan salah satu jenis sampah yang sangat bisa untuk didaur ulang. Banyak sekali kerajinan tangan yang memanfaatkan sampah anorganik sebagai bahan dasarnya. Bahkan beberapa orang yang berhasil menciptakan kreatifitas dari sampah ini mendapatkan banyak sekali keuntungan dan juga penghasilan yang lumayan.

Hasil Dari Kerajinan Sampah Sudah Mulai di Olah

Lebih hebatnya lagi tempat sampah fiber , hasil kerajinan dari sampah anorganik ini sudah ada yang berhasil menjualnya ke luar negeri. Tentu ini adalah sebuah bukti bahwa sampah anorganik merupakan sebuah sampah yang masih sangat bisa untuk di manfaatkan kembali.

Tinggal kita mainkan kreatifitas kita untuk bisa menciptakan sebuah kerajinan yang memiliki nilai jual dari sampah anorganik. Dengan begini selain pengelolaan sampah menjadi lebih maksimal kita juga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Nah itu lah penjelasan mengenai sampah organik dan juga sampah anorganik yang perlu kamu ketahui. Tentu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita bisa memanfaatkanya dengan baik dan juga benar. Ayo mulai dari sekarang kita pastikan kita pun bisa mengelola sampah dengan baik ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat