Mari Bersama Kenali Manfaat Sampah Organik Dan Anorganik

Mari Bersama Kenali Manfaat Sampah Organik Dan Anorganik

Dari banyaknya jenis tempat sampah yang ada di dunia ini, sampah organik dan juga sampah nonorganik merupakan sampah yang paling banyak diketahui oleh masyarakat luas. Sampah jenis ini merupakan sampah yang juga paling sering ada dikehidupan kita sehari – hari. Saat ini sampah menjadi masalah karena bukan soal berapa banyak sampah yang diproduksi manusia setiap harinya, namun seberapa banyak sampah yang bisa dikelola oleh manusia. Semakin banyak sampah yang tidak terkelola makan akan menjadi momok dan menjadi pembawa masalah bagi lingkungan dan juga tentunya bagi makhluk hidup.

Yang terjadi hari – hari ini, faktanya masih banyak sampah yang belum terkelola dengan baik dan juga benar. Selain itu masih banyak masyarakat yang mengabaikan sampah sehingga masih sering kita temui orang buang sampah sembarangan. Maka dari itu, upaya untuk bisa mengatasi hal ini perlu ditindak lanjuti. Jangan sampai menunggu lingkungan rusak terlebih dahulu, baru diambil tindakan. Lebih baik mencegah supaya lingkungan tidak rusak dengan mengatur keluar masuknya sampah yang ada.

Mari Bersama Kenali Manfaat Sampah Organik Dan Anorganik

Melihat Jenis Sampah di Dunia

Sampah organik dan juga anorganik 2 jenis sampah yang berbeda. Sampah organik bisa disebut juga sebagai sampah alami karena asalnya yang dari alam tempat sampah fiber . Contoh sampah organik adalah buah yang telah membusuk, daun kering yang jatuh dari pohon, bekas potongan sayur – sayuran, kotoran hewan, dll. Sampah organik merupakan sampah yang paling mudah terurai secara alamiah. Ia bisa terurai karena menjadi makanan bagi mikroorganisme. Berbeda dengan sampah nonorganik, sampah ini sangat sulit untuk untuk bisa terurai secara alami. Bahkan bukan hanya sulit terurai saja, namun juga sampah nonorganik juga sangat berpotensi untuk merusak lingkungan lebih cepat. Jangan heran apabila tanah menjadi tercemar, air menjadi tercemar, dll.

Nah sebelum kedua sampah tersebut mencemari lingkungan, tentu sebaiknya kita kelola terlebih dahulu. Lagi pula sampah juga masih bisa dimanfaatkan untuk didaur ulang. Sampah organik masih sangat bisa untuk didaur ulang untuk dijadikan sebagai pupuk organik atau pupuk kompos. Pupuk ini adalah pupuk yang dibutuhkan oleh para petani. Manfaat menggunakan pupuk kompos untuk kebutuhan pertanian adalah pupuk kompos dapat menyuburkan tanah dan juga tanamannya sehingaa tanaman kan selalu sehat dan mempercepat proses panen buah.

Tentu menjual pupuk kompos akan mendatangkan banyak sekali keuntungan karena permintaanya pun banyak. Oleh karena itu sebetulnya sampah organik pun masih bisa dimanfaatkan apabila kita mengetahui manfaatnya.
Untuk sampah nonorganik juga jelas masih banyak manfaatnya apabila kita bisa mendaur ulangnya. Manfaat sampah nonorganik tentu bisa dijadikan banyak sekali kerajinan tangan. Beberapa diantaranya adalah seperti tempat untuk alat tulis, bingkai, anyaman, pot bunga, cup lampu, dll.

Mengolah Sampah Lebih Pintar Lagi

Bahan untuk membuat itu semua bisa dari bekas botol plastik, bisa juga bekas dari plastik kemasan makanan, dari sedotan, dan banyak sampah nonorganik lainnya.

Dengan kita memanfaatkan sampah yang ada, maka tentu pengelolaan sampah menjadi lebih optimal. Sampah yang tadinya mungkin mendatangkan dampak negatif akan menjadi membawa dampak positif karena keuntungan yang didapat dari proses daur ulang. Selain mendapatkan keuntungan berupa pendapatan, tentu kebersihan lingkungan dan kenyaman lingkungan juga menjadi bonus yang didapat.

Ayo manfaatkan sampah untuk didaur ulang. Pastikan kita bisa mengelola sampah dengan baik dan jangan lupa untuk turut mengedukasi masyarakat lainnya tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat