Pendaki Membuang Sampah Plastik Di Hutan

Pendaki Membuang Sampah Plastik Di Hutan

Pendaki sering sekali membuang sampah plastik di hutan keberadaan tempat sampah memang sepertinya sudah tidak mengenal tempat lagi. Hampir di semua lokasi kini sepertinya banyak terdapat sampah. Tentu bukan lah kebetulan sampah nya tiba – tiba muncul di berbagai tempat, namun karena ulah oknum manusia yang sembarangan ketika membuang sampahnya membuat sampah kini ada di semua tempat dan salah satunya ada di hutan.

Mengapa bisa ada sampah di hutan ? Penyebab paling sering terjadi adalah karena adanya pendaki gunung yang melintasi hutan dan kemudian beristirahat di hutan. Nah ketika mereka beristirahat di hutan, biasanya mereka membawa makanan berkemasan. Nah untuk yang tertib lingkungan, biasanya sampahnya tidak akan di buang dan akan di bawa kembali. Untuk yang hanya ingin enak nya mendaki saja tanpa menjaga lingkungannya, jelas akan membuang sampah sembarangan di hutan tersebut. Di sinilah awal mula terjadi nya kerusakan lingkungan bisa terjadi di hutan.

Memangnya apa dampak jika sampah banyak yang di buang di hutan ? Tentu dampak yang paling terasa adalah kerusakan lingkungan. Apalagi jika sampahnya adalah sampah plastik, sudah pasti setiap unsur alam yang ada di hutan tersebut akan tercemar. Sampah plastik yang ada di hutan jelas akan merusak tanah, air, dan juga bahkan udara yang ada di lingkungan hutan tersebut.

Pendaki Membuang Sampah Plastik Di Hutan

Sampah Membuat Tanah Menjadi Rusak

Untuk tanah misalnya, yang tercemari oleh sampah akan membuat tanah di hutan menjadi berkurang kesuburannya. Apalagi yang mencemarinya itu adalah sampah plastik. Pasti sangat cepat sekali membuat kerusakannya Jual Tempat Sampah Di Depok .

Banyak zat kimia yang ada pada sampah plastik yang berpotensi membuat tanah menjadi tercemar.
Untuk pencemaran terhadap air yang ada di hutan tentu bisa terjadi ketika bayak sampah yang di buang ke sungai. Nah ketika banyak sampah di buang ke sungai yang ada di hutan maka akan membuat terjadi nya pencemaran lingkungan di sungai tersebut. Tentu bukan soal sungai nya saja yang tercemar.

Tiap hewan yang ada di sungai tersebut pun akan menjadi tercemar. Selain hewan yang ada di sungai tersebut yang terkena dampaknya, setiap hewan di hutan yang hidupnya banyak bergantung pada air di sungai pun akan ikut terkena dampak karena air sungai yang mereka pakai untuk minum ternyata mengandung zat berbahaya yang di keluarkan oleh sampah plastik tersebut Dampak Sampah Plastik Bagi Manusia .

Untuk pencemaran udara akibat sampah di hutan juga bisa saja terjadi. Ketika terjadinya kebakaran hutan, ternyata memang yang terbakar bukan hanya hutannya saja tetapi juga sampah yang ada di dalamnya menjadi ikut terbakar.

Bahaya Sampah Ketika di Bakar

Nah kita tau sendiri bahwa apabila sampah plastik di bakar dalam jumlah yang cukup banyak maka akan menimbulkan asap tebal dengan kandungan asap yang juga sangat berbahaya bagi pernafasan manusia. Di dalamnya banyak sekali zat campuran berbahaya yang bilamana terhirup akan membuat gangguan pada pernafasan.

Nah bila terlalu sering menghirup asap seperti ini jam kerja kami, malah bisa membuat penyakit lebih bahaya lagi.
Oleh karena itu, pencegahan supaya tidak ada sampah di hutan memang di perlukan. Sampah organik jelas ada di sana karena itu memang sampah alami. Namun untuk sampah nonorganik dan juga B3 adalah sampah yang pasti adalah bawaan manusia apabila sampai ada di hutan. Oleh karena itu mari kita jaga lingkungan hutan kita mulai dari sekarang minimal tidak membuang sampah sembarangan ketika sedang memasuki hutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat