Pengelolaan Sampah Perlu Dilakukan Dengan Benar

Pengelolaan Sampah Perlu Dilakukan Dengan Benar

Pengelolaan sampah memang perlu dilakukan dengan benar dan juga dengan baik. Akan banyak manfaat yang bisa dirasakan apabila kita bisa mengelola sampah dengan baik dan juga benar. Karena apabila sampah tidak sampai dikelola dengan baik, maka akan banyak sekali dampak negatif yang bisa terjadi.

Dampak negatif yang selama ini terjadi akibat dari sampah tentu sangat banyak sekali. Misalnya dampak negatif seperti halnya pencemaran pada tanah, pada air, dan pada udara banyak sekali yang diakibatkan oleh sampah.
Jenis sampah pun tentunya bukan hanya satu saja. Ada banyak jenis sampah di dunia ini dan yang ada di Indonesia ada 3 jenis yang sangat familiar yaitu jenis sampah organik, nonorganik, dan juga B3.

Sampah organik yaitu merupakan sampah yang berasal dari alam bukan sampah dari bekas benda buatan manusia. Contoh dari sampah ini adalah sampah dari bekas daun kering yang jatuh dari pohon, buah yang membusuk, bekas sayuran rumah tangga, hingga kotoran hewan pun masuk kedalam kategori sampah organik.

Pengelolaan Sampah Perlu Dilakukan Dengan Benar
Pengelolaan Sampah Perlu Dilakukan Dengan Benar

Selanjutnya adalah sampah nonorganik yang kebanyakan memang berasal dari bekas benda buatan manusia. Kita pun pasti dalam 1 hari banyak menghasilkan sampah nonorganik.

Masalah Yang Bisa Timbul Oleh Sampah

Sampah nonorganik contohnya adalah seperti sampah bekas botol minuman, bekas kemasan makanan, dan masih banyak lagi. Nah sampah ini merupakan sampah yang apabila dibiarkan begitu saja, maka akan menimbulkan banyak sekali masalah.

Beberapa contoh masalah yang bisa timbul karena memang kebanyakan sampah nonorganik itu berasal dari sampah plastik. Dan jelas sampah plastik merupakan sampah yang sangat sulit untuk terurai tempat sampah fiber . Jika pun benar – benar ingin bisa terurai, maka butuh waktu sampai ratusan tahun.

Selanjutnya adalah sampah jenis B3. Sesuai namanya bahwa sampah ini adalah sampah yang berbahaya dan juga beracun. Biasanya jenis sampah ini merupakan jenis sampah yang mengandung zat kimia berbahaya. Makanya sampah jenis ini tidak boleh dikelola sembarangan. Harus benar – benar dikelola oleh mereka yang benar paham. Karena bila tidak, sampah B3 bahkan lebih cepat mencemari lingkungan di banding sampah nonorganik.

Akibatnya juga sangatlah fatal dimana lingkungan akan benar – benar rusak apabila sampah B3 tidak di kontrol dengan benar. Saat ini saja masih sangat banyak sampah B3 yang belum sama sekali bisa dikelola dengan baik. Beberapa kali juga kita melihat banyak sekali pabrik atau industri yang membuang sampah B3 bekas proses produksi yang belum di filter.

Kerusakan Yang Terjadi Pada Lingkungan

Akibatnya adalah banyak sekali kerusakan yang terjadi pada lingkungan. Biasanya sungai adalah tempat yang paling sering kali menjadi tempat pembuangan sampah B3.

Maka dari itu, sebagai orang yang tidak ingin lingkungan menjadi rusak, kita harus peduli dan mulai memikirkan hal ini. Tidak perlu memikirkan cara yang besar dulu. Kita bisa memulai dengan hal kecil dengan tertib buang sampah pada tempatnya dan mau memilah sampah sesuai dengan jenis sampahnya.

Selain itu kita juga bisa belajar mendaur ulang sampah sesaui dengan kreatifitas kita. Hal ini memang terlihat sepele namun memiliki dampak yang sangat besar. Jika saja hal ini dilakukan oleh banyak orang maka pasti akan semakin lebih mempercepat untuk mengurangi yang namanya pencemaran lingkungan akibat dari sampah.
Semakin banyak orang yang tertib dalam membuang sampah, maka lingkungan pun akan lebih nyaman dan enak untuk di jadikan tempat tinggal oleh semua makhluk hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat