Sampah Plastik Mencemari Tanah

Sampah Plastik Mencemari Tanah

Pencemaran tanah akibat sampah kini sudah banyak terjadi di mana – mana. Terjadinya pencemaran tanah tidak jauh pasti akibat dari sembaranganya manusia dalam hal memperlakukan sampah. Ya, pasti masih banyak oknum manusia yang membuang sampah secara sembarangan tanpa menyadari dampak dan akibatnya. Namun ada juga yang tau apa dampak akibatnya namun tetap melakukan buang sampah sembarangan karena memang sudah terbiasa buang sampah sembarangan dan tidak ada yang menegur.

Masyarakat kita sendiri masih sangat banyak yang belum disiplin dalam hal pengaturan buang sampah. Masih banyak masyarakat yang dengan senangnya membuang sampah sembarang seperti ke jalanan, ke taman, ke sungai, ke saluran air, dan ke tempat lainnya yang mana jelas bukan lah tempat untuk membuang sampah.

Sampah Pelastik Membuat Tanah Tidak Subur

Budaya buang sampah sembarangan seperti ini memang sebaiknya harus di hentikan. Peraturan yang ketat harus segera di buat agar masyarakat bisa lebih tertib dalam hal buang sampah. Sebagai contoh saja negara Singapura yang mana peraturan buang sampah di sana sangatlah ketat membuat masyarakatnya tidak bisa sembarangan dalam hal buang sampah. Apabila ada masyarakat yang kedapatan buang sampah sembarangan, maka sudah pasti akan di denda dengan biaya yang cukup besar. Nah ternyata efeknya juga tidak hanya bagi masyarakatnya saja. Tiap warga negara asing juga bisa di denda bahkan dengan denda yang lebih besar lagi.

Makanya apabila ada orang Indonesia yang pergi ke Singapura akan mendadak jadi orang yang tertib buang sampah. tempat sampah fiber Namun ketika sudah pulang lagi ke Indonesia akan terulangi lagi kebiasaan lamanya suka buang sampah sembarangan.

Nah makanya, peraturan mengenai ketertiban buang sampah memang harus diperketat supaya tidak terjadi yang namanya pencemaran lingkungan. Seperti yang terjadi saat ini dimana peraturan yang belum ketat mengakibatkan orang banyak yang membuang sampah sembarangan.

Dampak yang terjadi saat ini adalah banyak sampah yang berada di tempat yang bukan seharusnya. Salah satu unsur alam yang pasti tercemar adalah tanah. Pasti kita pun sudah banyak menemukan bagaimana tanah menjadi tercemar dan akibatnya adalah tentu berdampak juga bagi hewan dan tumbuhan bukan hanya pada manusia saja.
Saat ini fakta yang menarik masih banyak sampah yang belum terkelola dengan baik di negara kita. Khususnya sampah plastik yang mana memang sulit terurai secara alami sehingga sampah plastik tidak akan pernah hancur walaupun tertimbun tanah.

Bahaya Sampah Untuk Lingkungan Hidup

Makanya perlu ada tindakan serius yang mulai dari sekarang harus di upayakan.
Terjadinya pencemaran tanah akan banyak merugikan kita. Tanah yang tadinya subur pun akan menjadi tidak subur. Air tanah yang tadinya bagus kualitasnya menjadi menurun kualitasnya bahkan bisa berpotensi mengandung zat berbahaya.

Ayo maka dari itu mulai hari ini kita hentikan kebiasaan lama kita apabila masih sering buang sampah sembarangan. Mulai sekarang ayo pastikan kita tidak membuang sampah sembarangan. Pastikan juga kita mengajak kerabat, saudara, teman, dan orang terdekat kita untuk membuang sampah pada tempatnya.
Jangan biarkan lingkungan kita banyak sampahnya dan mengakibatkan kerusakan. Kerusakan akibat sampah akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Kita harus mendapatkan lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan juga enak.

Semoga negara kita kedepannya pun bisa lebih baik lagi dalam hal tata kelola sampah dan tidak ada lagi yang namanya pencemaran lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat