Tempat Sampah Kreatif Dari Barang Bekas

Tempat Sampah Kreatif Dari Barang Bekas

Membuat tempat sampah yang kreatif dari barang bekas tentu caranya banyak. Nanti disini kita akan tuliskan beberapa contoh cara membuatnya. Namun sebelum itu, kita harus tau juga kenapa kita harus sampai berkreasi membuat yang namanya tempat sampah dari barang bekas. Ya karena memang saat ini mendaur ulang sampah sangatlah penting mengingat jumlah sampah yang kian hari kian meningkat. 

 Selanjutnya adalah saat ini banyak sekali sampah yang masih belum terkelola dengan baik sehingga sampah banyak yang masih berserakan di lingkungan yang pada akhirnya pasti akan membuat kita menjadi tidak nyaman. Dan yang menjadi persoalan pun bukan soal nyaman atau tidak nyaman juga, tapi juga soal keselamatan lingkungan yang  nanti malah rusak karena pencemaran dari yang namanya sampah. 

Sampah jika dibiarkan terus bukan berarti sampah tidak akan menyebabkan apa – apa.  Justru jika sampah dibiarkan terus – menerus akan menimbulkan penumpukan sampah karena yang namanya sampah akan terus bertambah setiap waktu dan setiap saat. 

Tempat Sampah Kreatif Dari Barang Bekas

Apabila sampah terjadi pencemaran, maka bisa dipastikan lingkungan rusak dan akan ada beberapa dampak negatif yang pasti dirasakan. Tanah bisa menjadi tidak subur apabila di atasnya terdapat sampah anorganik yang berserakan apalagi jika sampai tanah tersebut terkena sampah jenis B3 sudah pasti tanah akan menjadi sangat tidak subur. 

Model Tempat Sampah Yang Keren

Unsur air pun demikian sama, apabila ia terkena sampah maka pasti akan menjadi tercemar. Bukan airnya saja yang menjadi mengandung zat beracun dari sampah, tapi juga hewan dan segala kehidupan yang ada di air tersebut akan terganggu bahkan bisa mati. 

Selain itu adanya sampah di air terutama pada saluran air pasti akan sangat menghambat aliran air tersebut. Makanya sering kali saat musim penghujan ada selokan atau gorong – gorong yang tidak bisa mengalirkan airnya dengan sempurna dan malah membuat air menjadi meluap. Hal ini tentu karena sampah yang menyumbat jalannya aliran air tersebut. 

Nah makanya penting bagi kita untuk peduli terhadap lingkungan dengan cara menjaganya dan memastikan bahwa tidak ada yang namanya sampah berserakan di lingkungan kita. Jumlah sampah yang terus meningkat, membuat kita harus selalu lebih ektra untuk terus mengupayakan supaya tidak sampai membuat pencemaran sangat besar. 

Mengurangi penggunaan benda sekali pakai yang merupakan penyebab sampah pertumbuhannya sangat cepat memang perlu dilakukan. Namun saat ini yang juga sangat diperlukan adalah daur ulang sampah. Ya, mendaur ulang sampah memang membuat sampah yang tadinya tidak terpakai menjadi bisa dibuat menjadi barang yang lebih berfungsi lagi. 

Salah satu cara mendaur ulang sampah adalah dengan membuat tempat sampah fiber dari barang bekas. Nah contoh cara membuatnya adalah sebagai berikut : 

  1. Plastik Kresek
  2. Koran Bekas
  3. Streples 
  4. Plester
  5. Gunting
  6. Kotak kardus bekas

Berikut ini adalah cara membuatnya : 

  1. Kita ambil kresek yang tadi sudah kita siapkan, lalu kita selipkan dan masukan  kantong kresek tadi ke kotak kardus yang sudah kita siapkan lalu kita staples pada kotak yang sudah disiapkan. 
  2. Setelah itu kita menyelipkan plastik tersebut pada kotak kardus sebagai penyelubung. Fungsi plastik ini tentu adalah supaya bisa menahan sampah yang berbentuk cair. Apabila kotak kardus ini tidak dilapisi plastik pasti nanti malah akan membuat kotak kardus menjadi rusak dan juga membuat kotor bahkan akan terlihat menjijikan. 
  3. Kita pakai staples untuk untuk memasangkan plastik nya. 
  4. Untuk penutup bodi kotak kardus, kita bisa menggunakan kertas koran. Kita bisa menggunakan kertas koran yang kita lapisi pada bodi kotas kardus supaya lebih terlihat rapi.

Nah itu adalah salah satu cara untuk mendaur ulang kardus bekas untuk dijadikan sebagai tempat sampah. Tentu contoh diatas masih bisa kamu ubah sesuai dengan seleramu misalnya kamu ingin mengganti kertas koran dengan kertas karton atau kertas kado supaya lebih terlihat menarik. 

Bentuk kardus pun bisa sesuai dengan keinginan kita tidak mesti kotak. Kita bisa membuat bentuk miring, atau bentuk apapun sesuai dengan keinginan kita. 

Menambahkan aksesoris seperti pita dan juga bunga plastik juga tentu bisa sangat mempercantik tempat sampah. 

Itu adalah salah satu contoh bagaimana kita mendaur ulang sampah. Ketika sampah sudah bisa kita daur ulang dengn benar maka sampah pun akan lebih termanfaatkan kembali dan mengurangi resiko sampah berserakan di tempat yang bukan seharusnya. 

Sampah Adalah Musuh Bersama Kita

Saat ini yang terjadi adalah masih sangat banyak sampah yang berserakan di lingkungan. Masih banyak sampah yang belum terkelola dengan baik. Selain daur ulang , yang tak kalah pentingnya juga adalah menumbuhkan kebiasaan untuk tertib buang sampah. Ya, sampah menjadi berserakan di lingkungan dan tidak tertata dengan baik salah satunya adalah karena masih banyak yang melakukan kebiasaan membuang sampah sembarangan. Dan ini tentu yang perlu diperbaiki, bila saja diantara kita semua ini memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan dan tidak buang sampah sembarangan, pasti tidak akan ada yang namanya sampah yang berserakan di jalanan, di taman, di selokan, dan di tempat lainnya. 

Berbagai negara maju yang masyarakatnya sudah terbiasa tertib membuang sampah bisa menjadi contoh bagi kita. Ambil contoh saja Jepang misalnya, dimana negara ini merupakan negara yang masyarakatnya sudah sangat tertib dalam membuang sampah. 

Masyarakat disana tidak akan sampai membuang sampah sebelum mereka menemukan tong sampah. Selain itu sampah yang dibuang pun tidak bisa sembarangan. Mereka membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya. Misalkan mereka akan membuang sampah bekas kulit buah – buahan, maka mereka akan membuangnya ke tong sampah yang bertuliskan organik. Apabila membawa sampah plastik , maka akan di buang ke tong sampah yang bertuliskan non organik, dan apabila membawa sampah seperti bekas oli atau bekas kaleng cat akan dibuangnya ke tong sampah bertuliskan B3. 

Jadi, ternyata memang buang sampah pada tempatnya saja masih belum cukup. Karena bila semua jenis sampah disatukan pada satu tong sampah maka dapat dipastikan bahwa sampah nanti akan lebih sulit untuk didaur ulang. 

Maka dari itu, ayo kita tingkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan mulai dari sekarang. Karena jika tidak dimulai dari sekarang mau kapan lagi ? Jika bukan kita yang memulai siapa lagi ? Toh lingkungan yang nyaman sehat dan tidak tercemar pun akan kita – kita juga yang menikmatinya.

Tidak akan ada lagi isu kerusakan lingkungan atau pencemaran lingkungan bila kita semua mau mengelola sampah supaya tidak berserakan begitu saja. Penyakit, bencana banjir, dan berbagai dampak negatif yang selama ini ada pada sampah tentu akan menjadi terminimalisir bilamana kita mulai membiasakan diri buang sampah pada tempatnya dan mau mendaur ulang sampah yang masih bisa digunakan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat