Tong Sampah Untuk Kawasan Perumahan

Tong Sampah Untuk Kawasan Perumahan

Salah satu tempat yang membutuhkan tempat sampah adalah pasti di perumahan kita tinggal. Memang sudah menjadi fakta lama bahwa yang menghasilkan sampah paling banyak salah satunya adalah rumah. Coba kita perhatikan saja setiap harinya berapa banyak sampah yang dihasilkan ? Pasti hampir 3 jenis sampah yaitu sampah organik, sampah anorganik dan juga sampah B3 banyak dihasilkan oleh rumah.

Sampah organik misalnya, pasti banyak dihasilkan dari bekas dedaunan kering di halaman rumah kita atau di sekitar rumah kita. Selain itu sampah organik juga pasti banyak dihasilkan dari bekas kulit buah yang kita makan, bisa juga bekas dari potongan sayuran yang dimasak di dapur, dll. Begitu juga untuk sampah anorganik yang mana banyak dihasilkan seperti dari bekas kemasan makanan ringan, lalu bekas minuman botol plastik, bisa juga dari bekas kardus belanjaan, dll.

Tong Sampah Untuk Kawasan Perumahan

Perumahan Memerlukan Tempat Sampah Khusus

Selain sampah organik dan juga sampah anorganik, sampah B3 juga pasti banyak dihasilkan oleh rumah tangga. Contoh sampah B3 yang paling banyak dihasilkan adalah bekas sabun cuci, bekas shampo, bekas oli kendaraan, bekas cat, dll. Tentu sampah B3 yang ini banyak dihasilkan oleh rumah tangga. Oleh karena itu kita juga tidak boleh sembarangan karena sampah B3 adalah sampah yang berbahaya bagi lingkungan.

Nah karena rumah tangga merupakan salah satu tempat yang menghasilkan banyak sekali sampah, maka sudah pasti banyak pasti harus adanya tata kelola yang baik supaya jangan sampai sampah di rumah dan area perumahan menjadi berantakan dan akhirnya malah merusak lingkungan sekitar.

Salah satu cara yang perlu dilakukan memang harus menambah fasilitas tempat sampah di area perumahan. Tempat sampah yang perlu digunakan di area perumahan adalah tong sampah 3 pilah dan juga tong sampah beroda. Kedua tong sampah tersebut bisa dipakai di lingkungan perumahan. Tong sampah 3 pilah adalah tempat sampah 3 warna yang khusus untuk menampung sampah organik, anorganik dan juga B3.

Untuk sampah beroda akan sangat berfungsi untuk mengangkut sampah dari satu tempat ketempat lainnya. Penggunaan tempat sampah fiber seperti sangat penting mengingat fakta sekarang masih sangat banyak sampah yang bertebaran secara sembarangan. Akibatnya jelas memang terjadi yang namanya kerusakan lingkungan berupa pencemaran.

Apalagi jika sudah pencemaran yang diakibatkan oleh sampah plastik pasti sudah sangat berbahaya. Meskipun sampah plastik bukan tergolong sebagai sampah B3, namun efeknya bagi unsur alam seperti tanah dan air sangatlah berbahaya.

Mulai Perduli Sampah Untuk Menjaga Lingkungan

Efek kerusakan lingkungan yang terjadi sudah pasti akan mengancam kehidupan setiap makhluk hidup. Manusia juga sudah pasti akan terancam karena efek pencemaran lingkungan adalah wabah penyakit dan juga bencana. Wabah penyakit mudah datang di tempat yang kotor. Bencana juga bisa datang karena tanah yang rusak, saluran air yang tersumbat sampah , dll.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mulai peduli akan lingkungan minimal di lingkungan kita tinggal sendiri. Jangan sampai terjadi yang namanya kerusakan lingkungan hanya karena kelalaian kita dan ketidak pedulian kita untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

Jangan lupa juga untuk mengajak saudara, teman, kerabat, keluarga, tetangga untuk juga turut menjaga lingkungan bersama. Minimal yang perlu dilakukan adalah tidak membuang sampah sembarangan dan ketika membuang sampah pun harus ke tempatnya dan sesuai dengan jenis sampahnya. Jangan sampai dalam 1 tong sampah terdapat banyak jenis sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat